Cara Memilih Jasa Penerjemah Akta Notaris Resmi

Penerjemah Akta Notaris ialah penerjemah yang mempunyai kontrol kualitas dan mengikuti prosedur resmi. Seorang Notaris ialah seseorang yang diberi wewenang oleh pemerintah untuk mengawasi dan mengotentikasi berbagai formalitas hukum, serta salah satu dari mereka menjadi penerjemah akta notaris.

Penerjemah akta notaris atau penerjemah tersumpah biasanya diperlukan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen hukum kontrak bisnis, dokumen imigrasi, syarat visa, transkrip pengadilan, akta atau surat kelahiran, kematian, maupun akta atau surat pernikahan, ijazah dan transkrip study.

Setiap penerjemah memproklamirkan diri, bersumpah untuk keakuratan dari hasil terjemahan juga menandatangani Affidavit tersebut. Affidavit ini akan dianggap sah sesudah penerjemah menandatangani dan membubuhkan cap resmi pada hasil terjemahan.

Untuk Keperluan Apakah Sebuah Terjemahan Dilakukan?

Tujuan dari penerjemah akta notaris sangat menentukan pilihan penerjemah dan cara kerja juga penjadwalan yang sesuai. Penerjemahan katalog atau profil perusahaan untuk acara peluncuran perusahaan atau produk terikat waktu yang sangat ketat dan tidak bisa ditawar.

Dibutuhkan pemahaman penerjemah tentang kebutuhan klien dalam hal ini, karena hasil terjemahan masih perlu diproduksi, sehingga disiplin tenggat waktu bersifat mutlak. Begitu juga dengan penerjemahan pidato yang akan disampaikan di acara tertentu, atau bahan yang disiapkan untuk rapat seperti rapat umum pemegang saham (RUPS) dll.

Penerjemahan Petunjuk Pemakaian mesin atau peralatan listrik, misalnya, akan lebih sempurna jika penerjemahnya mempunyai pengetahuan praktis tentang mesin dan perlistrikan. Namun penerjemahan dokumen pengadilan menuntut pengetahuan yang lebih mendalam tentang sistem hokum dan peradilan.

Begitu juga, tidak semua penerjemah mampu atau bersedia mengerjakan penerjemahan dokumen hukum atau iklan. Kedua bahan ini membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus. Oleh karena itu, ada baiknya sebagai calon pengguna jasa Anda ikut memasukkan pertimbangan ini ketika memilih penerjemah yang Anda tunjuk untuk mengerjakan penerjemahan dokumen Anda.

Cara Memilih Penerjemah Akta Notaris

Referensi: Jika Anda menghadapi beberapa pilihan penerjemah seperti biro atau perorangan, keputusan akan lebih cepat dan mudah diambil kalau ada teman atau kenalan Anda yang pernah menggunakan jasa mereka dan menyatakan kepuasan atas jasa penerjemahan mereka.

Nama baik atau reputasi seorang penerjemah biasanya terlihat dari banyaknya klien yang memberikan acuan untuk menggunakan jasanya.

Sertifikasi: Jika Anda mendapat nama penerjemah dari iklan dan kebetulan belum ada pemberi referensi tentang jasa penerjemah tersebut, Anda bisa minta penerjemah bersangkutan untuk menyerahkan sertifikasi penerjemah.

Sertifikasi di Indonesia yang bisa dianggap cukup mewakili keterampilan profesi penerjemah, antara lain sertifikat Tes Sertifikasi Nasional (TSN) yang diterbitkan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) dan sertifikat Ujian Kualifikasi Penerjemah (UKP) yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa Internasional.

Beberapa sertifikasi internasional yang bisa diandalkan, dikeluarkan oleh beberapa lembaga penyelenggara ujian sertifikasi penerjemah seperti NAATI dan AUSIT di Australia dan ATA di Amerika.

Contoh Terjemahan dan Pengujian: Seandainya 2 syarat di atas tidak ada, calon klien boleh meminta penerjemah untuk menunjukkan contoh terjemahan yang pernah dilakukannya untuk kliennya beserta bahan aslinya.

Di samping itu, untuk penerjemah yang namanya Anda peroleh dari referensi kenalan, selalu disarankan untuk menguji penerjemah dengan menggunakan beberapa halaman awal dari teks yang akan diterjemahkan. Anda bisa menilai sendiri apakah kecepatan dan mutu pekerjaan penerjemah yang Anda seleksi ini memuaskan atau memenuhi harapan Anda atau tidak.

Kontrak Penerjemah: Jika Anda sudah menemukan penerjemah akta notaris yang akan diserahi pekerjaan terjemahan, sebaiknya Anda menyiapkan kontrak yang mengikat kedua pihak dalam pekerjaan terjemahan ini.

Bagi Anda yang membutuhkan jasa penerjemah akta notaris terpercaya, kami merekomendasikan CV Solusindo Karya Nusa. Jadi anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari jasa penerjemah akta notaris yang terpercaya dan tersumpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.